Ini Dia 13 Tempat Wisata Di Cianjur Yang Asyik Untuk Liburan

Bingung menentukan destinasi wisata untuk liburan Anda dan keluarga? Cobalah berkunjung ke Cianjur. Cianjur memiliki topografi pegunungan, maka tak heran jika daerah ini senantiasa diselimuti hawa yang sejuk.

Kabupaten di provinsi Jawa Barat ini memiliki aneka wisata yang tentunya menarik untuk mengisi masa liburan Anda dan keluarga. Mulai dari wisata pantai hingga pegunungan, semua dapat Anda temukan di sini.

Seputar Tempat Wisata Di Cianjur

Penasaran? Berikut 13 tempat wisata di Cianjur yang asyik untuk berlibur.

1. Pantai Jayanti

Meski secara topografi didominasi pegunungan, namun bukan berarti Cianjur tidak memiliki keindahan alam pantai yang ditawarkan sebagai destinasi wisata andalannya. Pantai Jayanti merupakan tempat wisata di Cianjur yang menyuguhkan keindahan panorama pantai yang menawan. Ombaknya yang tidak terlalu ganas memungkinkan bagi pengunjung untuk bermain air dan pasir.

Pantai Jayanti - tempat wisata di cianjur

Tempat wisata ini terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang berjarak sekitar 140 km dari kota Cianjur.

2. Curug Citambur

Jika tak suka dengan suasana pantai yang cenderung panas, Anda bisa memilih tempat-tempat wisata lain yang menawarkan kesejukan. Salah satunya adalah Curug Citambur. Lokasinya berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran. Tempat wisata di Cianjur ini menjadi salah satu yang populer dan digemari oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Curug Citambur cianjur

Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini menyajikan keindahan dan juga kenyamanan. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, Anda dapat menikmati perkebunan teh yang indah dan sanggup memberi efek relaks.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat wisata di Cinajur yang sudah cukup lama berjalan. Bisa dikatakan, salah satu tempat favorit untuk dikunjungi. Lokasinya mudah dijangkau, tidak heran banyak pengunjung dari Cianjur dan juga dari DKI Jakarta yang datang kesini

taman bunga nusantara

4. Air Terjun Cibeureum

Tak kalah cantik dengan Curug Citambur, air terjun Cibeureum juga layak masuk dalam daftar destinasi wisata Anda. Berada di kawasan Cibodas, air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang elok dan mengesankan.

Air Terjun Cibeureum

Tempat wisata di Cianjur ini menjadi salah satu lokasi endemis berkembangnya lumut merah.

5. Kebun Raya Cibodas

Ini dia tempat wisata di Cianjur yang paling terkenal, Kebun Raya Cibodas. Keindahan alam yang tersaji di tempat ini menjadikan setiap pengunjung betah untuk berlama-lama menikmatinya. Untuk menggambarkan keindahannya, tak sedikit yang beranggapan bahwa Cibodas merupakan bagian dari surga.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di Desa Rarahan, Kecamatan Cimacan, Cianjur yang berjarak kurang lebih 86 km dari Jakarta. Hawa sejuk yang senantiasa menyelimuti kawasan ini dipengaruhi oleh letak Cibodas yang berada di ketinggian 1.500 mdpl.

6. Gunung Gede

Satu lagi tempat wisata di Cianjur yang populer di kalangan traveller baik dalam maupun luar kota, yakni Gunung Gede. Berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Gunung Gede sering kali menjadi destinasi wisata alam, terutama bagi para pecinta alam yang senang melakukan pendakian gunung.

Gunung Gede
image:donibrahimovic.wordpress.com

Dengan ketinggian sekitar 1.000 hingga 3.000 mdpl, kawasan Gunung Gede memiliki suhu rata-rata mencapai 18 derajat Celcius pada siang hari, sedangkan pada malam hari bisa mencapai 5oC. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan baju tebal jika ingin menikmati masa liburan di tempat ini.

 

7. Telaga Biru

Telaga Biru merupakan salah satu tempat wisata di Cianjur yang digemari oleh wisatawan ketika mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede. Air danau yang berwarna kebiruan karena tertutup oleh ganggang biru menjadi alasan penamaan tempat wisata ini.

Telaga Biru gunung gede

Keindahannya mempesona apalagi ketika musim hujan tiba.

8. Alun-Alun Suryakencana

Keindahan tempat wisata di Cianjur yang satu ini pantang untuk dilewatkan. Hamparan bunga edelweiss menjadi daya tarik utama dari Alun-alun Suryakencana yang memiliki luas area 50 hektar ini.

Alun-alun Suryakencana gunung gede

Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede, yang berjarak kurang lebih 11 km dari Cibodas.

 

9. Gunung Padang

Gunung Padang menjadi tempat wisata di Cianjur lain yang asyik untuk berlibur. Lokasinya berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur. Daya tarik utama dari tempat wisata ini merupakan peninggalan sejarah purbakala berupa punden berundak yang luas bangunannya mencapai 900 m2.

Gunung Padang
image: su.wikipedia.org

Tempat wisata ini merupakan situs megalitik yang dipercaya masih menyimpan banyak benda-benda purbakala yang tertimbun di bawahnya.

 

10. Sungai Cikundul

Ingin berwisata sambil memacu adrenalin? Sungai Cikundul bisa menjadi pilihan. Sungai dengan arus yang deras ini digunakan sebagai wahana arung jeram yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Tak heran jika sungai ini menjadi salah satu primadona tempat wisata di Cianjur yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota.

Sungai Cikundul cianjur

Jalur arung jeram sungai ini sepanjang 7 km. Meski lokasi jeram cukup ekstrim dengan arus sungai yang deras, namun Anda tidak perlu khawatir karena kegiatan arung jeram didampingi tim instruktur yang telah berpengalaman dan profesional.

11. Kota Bunga Cipanas Cianjur

Nah ini dia tempat wisata di Cianjur yang menjadi idaman banyak keluarga. Kota Bunga menawarkan beragam wahana bermain untuk menghibur dan memberikan kepuasan kepada setiap pengunjungnya. Satu yang unik di tempat wisata ini adalah keberadaan “Little Venice” atau replika kota Venesia. Di sini, Anda bisa mengelilingi wahana menggunakan kano.

Kota Bunga cianjur

Selain itu, tersedia pula arena bermain untuk anak-anak yang pastinya aman. Bagi Anda yang senang berkuda, Anda pun bisa menikmati hobi tersebut di tempat ini.

 

12. The Jhon’s Aquatic Resort Cianjur

Tempat wisata di Cianjur yang satu ini menawarkan keasyikan permainan air, seperti waterball, boat lagoon, dan lainnya. Selain itu, juga tersedia permainan seperti ATV, trampoline, flying fox, dan menunggang kuda.

The Jhon's Cianjur Aquatic Resort

Tempat wisata ini berada di Jl. Desa Babakan Karet, Kp. Tangkil, Kawasan Hutan Kota Cianjur, Panembong, Kecamatan Cianjur.

 

13. Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas

Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas menjadi tempat wisata di Cianjur lainnya yang asyik untuk menemani hari libur Anda dan keluarga. Banyak wahana permainan yang tersedia di tempat ini, seperti bumper car, rio grande atau kereta mini, jet fighter, mobil antik, bumper boat, venture river, tic-tac wheel, dan lain sebagainya.

Tempat wisata ini cocok sebagai destinasi liburan keluarga. Adapun lokasinya berada di Villa Kota Bunga, tepatnya Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur.

14. Tirta Jangari

Lokasinya berada di Desa Bobojong, Kecamatan Mande yang berjarak sekitar 18 km dari pusat kota Cianjur. Tirta Jangari menawarkan keindahan panorama alam dan air waduk Cirata. Tempat wisata di Cianjur ini cocok sekali untuk refreshing dan bersantai melepas kepenatan rutinitas sehari-hari.

Tirta Jangari cianjur
Tak hanya itu, tempat wisata ini juga menyuguhkan wisata kuliner khas Cianjur berupa nasi liwet, sambel dadak plus lalapan dan ikan bakar. Sungguh menggugah selera, apalagi dinikmati di warung terapung yang berada di tengah-tengah kolam.

Puas berwisata online di Cianjur? Kini saatnya untuk merealisasikan perjalanan wisata Anda dengan mengeksplorasi tempat-tempat wisata di Cianjur yang menarik dikunjungi.

paket tour domestik

Leave a Reply

Search Your Tour Here

Paket Tour Terbaru

Customer Service

Customer Service :

+62 21 8624928

WA +6281284217545

Customer Service

Dapatkan informasi dan konsultasi melalui layanan pelanggan di nomor Phone/WA :

+62 21 86249 28

+62 81284217545

Butuh bantuan? Chat dengan kami